Like Fans Page Kami ,Terimakasih :)

3/21/2011

Twitter "Happy Bithday" Yang ke 5 Tahun


Siapa menyangka layanan pesan singkat Twitter bukan sekadar tempat berbagi informasi kegiatan sehari-hari setiap pengguna, tapi menjadi media informasi paling cepat, berbagi pendapat, diskusi, hingga sarana demokrasi. Dikembangkan oleh Evan Williams, Biz Stone, dan Jack Dorsey, Twitter genap melayani para pengguna internet tepat lima tahun pada 21 Maret 2011.




Pesan pertama dibuat Jack Dorsey pada 21 Maret 2006 dan sebuah pesan otomatis yang dihasilkan mesin. "Baru mengatur pesan twttr pertama saya," demikian pesan tersebut. Tak lama kemudian, diikuti pesan berikutnya, "Mengundang temanp-teman kerja." Kali ini pesan pertama yang ditulis langsung Dorsey sendiri. Itulah ide layanan yang dicetuskan Dorsey kepada dua pendiri lainnya saat mereka sama-sama bekerja di perusahaan podcasting Odeo.

Sejak itu, Twitter telah berkembang menjadi forum untuk berbagai apapun, informasi, ide, foto, video, dan sebagainya. Kini, situs web microblogging tersebut benar-benar sudah mendunia. Digunakan orang biasa, artis, pejabat, politisi, pengusaha, dan semua kalangan untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang, dan waktu.

"Twitter telah beranjak dewasa dan membuat dampak di bidang tanggung jawab sosial, politik, olahraga, media, dan sebagainya," tulis Stone dalam pesan di blog Twitter, Senin. Selama ini, ia mengibaratkan Twitter seperti anak kecil yang siap masuk sekolah dan pengalaman lima tahun menjadi bekal untuk meraih masa depan.

Saat ini, ada satu miliar pesan yang dikirim lewat Twitter tiap delapan hari, jauh lebih ramai ketimbang saat mencapai satu miliar pesan pertama yang butuh waktu tiga tahun dan dua bulan. Pengguna Twitter pun tumbuh hingga lebih dari 200 juta orang dalam lima tahun.

Untuk merayakan ulang tahun kelimanya, Twitter menyiapkan sebuah rekaman video khusus yang diunggah di internet. Semua pengguna juga diajak berbagi semangat dengan menambahkan hashtag #5yrs di pesannya.

Sebuah video yang ditampilkan di discover.twitter.com merekam tokoh-tokoh dunia yang tahu betul manfaat Twitter. Antara lain milyuner Inggris Sir Richard Branson, petenis Serena Williams, astronot Paolo Nespoli, rapper Snoop Dogg, dan lainnya. Selamat ulang tahun Twitter! Semoga semakin dewasa.




kompas.com
Poskan Komentar