Like Fans Page Kami ,Terimakasih :)

12/25/2010

Makan di Depan Komputer Bikin Gendut


Terbiasa menyantap makanan sambil menatap layar komputer dua kali lebih cepat lapar dan nyemil setelahnya, daripada mereka yang makan di meja makan.

Para peneliti dari University of Bristol, Inggris yang menemukan fakta ini sebenarnya sedang meneliti cara-cara memori atau ingatan dalam otak dalam memengaruhi minat nafsu makan manusia.

Mereka pun meneliti sekelompok orang yang kemudian diberi makan siang terdiri dari sembilan makanan yang berbeda saat bermain game di komputer.

Hal ini mereka lakukan lagi pada sekelompok orang lainnya namun tanpa bermain game komputer.

Tim pun menemukan mereka yang bermain game komputer sambil makan, merasa kurang kenyang dan setengah jam kemudian sudah merasa lapar dan meminta camilan.

Pada sesi akhir penelitian para peserta dalam kelompok pertama ini juga ditemukan lebih sulit untuk mengingat makanan apa yang mereka makan sebelumnya.

"Penelitian ini menambah bukti baru yang menunjukkan memori dan perhatian sangat berperan dalam mengatur ukuran nafsu makan pada manusia. Sehingga makan sambil bermain game atau bekerja membuat memori terganggu sehingga orang akan merasa tak kenyang dan memutuskan untuk menyantap camilan. Ini sangat berhubungan erat dengan obesitas" terang pemimpin penelitian Dr Jeff Brunstrom.

Hal yang sama tentu saja terjadi bila kita makan sambil nonton televisi atau sambil bekerja di depan komputer.

Untuk itu Brunstrom dan rekan menyarankan agar manusia selalu fokus saat makan, dan tidak melakukan hal lain yang menguras perhatian.

http://www.tribunnews.com/2010/12/26/makan-di-depan-komputer-bikin-gendut
Poskan Komentar