Like Fans Page Kami ,Terimakasih :)

5/25/2011

Majapahit Online ,Game Facebook Dari Indonesia


Jika selama ini game-game yang dimainkan di Facebook selalu didominasi oleh game asing, maka sudah saatnya bagi pengguna Facebook Indonesia mencicipi permainan dengan latar belakang 'Indonesia banget', yang tentu saja asli buatan pengembang lokal.




Game bernama Majapahit Online adalah game Facebook yang diproduksi oleh Anantarupa Studios dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa 500 tahun yang lalu kita pernah menjadi bangsa yang besar di Asia sekaligus untuk mempromosikan sejarah dan kekayaan budaya bangsa Indonesia ke mancanegara.

Anantarupa Studios mengangkat tema Majapahit bukan untuk mengagung-agungkan masa lalu atau salah satu suku saja, tetapi agar dapat menyadarkan bangsa Indonesia bahwa dengan bersatu barulah kita dapat menjadi kuat. Di masa Majapahit-lah pondasi untuk NKRI pertama kali ditanam, yaitu saat seluruh nusantara bersatu untuk secara bersama melindungi seluruh wilayah nusantara sebagai satu kesatuan baik di darat, laut, serta segala sumber daya di dalamnya.

Majapahit Online mengambil cerita dari sudut pandang pemain dari masa sekarang yang secara tidak sengaja terlempar kembali ke masa lalu di jaman Majapahit, dimana kondisi kehidupannya sangat berbeda dari pengetahuan sejarah yang dia peroleh.

Dalam Majapahit Online, para pemain diajak untuk menyusuri cerita kehidupan di masa Majapahit, mengalami dan mengenal berbagai hal dari aspek kehidupan masyarakat, seni dan budaya, adat istiadat, kehidupan sosial bernegara sampai dengan kehidupan maritimnya, dikarenakan dulunya Majapahit terkenal kuat di darat maupun di lautan, dan menurut catatan Portugis, meriam Portugis sendiri tidak dapat menembus dinding Jung-Jung Jawa yang berukuran jauh lebih besar dibanding kapal Portugis.

Game Majapahit Online di-design dengan beberapa alternatif penceritaan dimana alur cerita akan berbeda-beda, tergantung dari partisipasi aktif dan kerjasama tiap-tiap pemain dalam menentukan pilihan. Majapahit Online disajikan dengan genre visual novel dan sedikit elemen strategi-strategi Jawa seperti Garuda Vyuha, Dirada meta, dan sebagainya.

Bab pertama dari cerita Majapahit Online adalah Senopati Terakhir, yang secara singkat menceritakan tentang berakhirinya masa Singhasari sampai dengan awal berdirinya Majapahit. Ulasan lebih lengkap tentang cerita ini telah dituangkan dalam sebuah novel berjudul Senopati Terakhir karya Setyo Wardoyo, yang sudah tersedia di toko buku Gramedia dan Gunung Agung.

"Project game yang saat ini sedang kami garap, Majapahit Online, dengan status pengerjaan tahap akhir dan akan open beta 30 Juli 2011," tulis mereka dalam keterangan resminya, Selasa (23/5/2011).

Di tengah tingginya tingkat pertumbuhan game dari luar negeri, Anantarupa Studios mencoba untuk ikut bersaing dengan menyajikan karya anak bangsa secara nasional bahkan internasional, melalui game Majapahit Online dengan masa open beta akhir Juli 2011.

Melalui game ini diharapkan para pemain dapat mengambil nilai edukasi dari game ini, belajar dari kesuksesan dan keruntuhan Majapahit sebagai refleksi bagi Indonesia saat ini.



okezone.com

Tidak ada komentar: